Selasa, 07 Januari 2014

ASAM JAWA ( MAKALAH )


Makalah Farmakognosi I
Suku Caesalpiniaceae
Asam Jawa
(Tamarindus indica L)
Tinjauan Botani, Kandungan Kimia, Kegunaan dan Pemanfaatannya



Logo_unisba.jpg
 





Kelompok 4
Aria Susanti (10060312070)
Marjoni Hendri (10060312071)
Sasi Harnani (10060312073)
Ridwan Ramdani (10060312074)
Chairunissa Suci Insani (10060312075)
Tanggal Pengumpulan : 23 Desember 2013
PROGRAM STUDI FARMASI
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG
2013


KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapatmenyelesaikan makalah Farmakognosi suku Caesalpiniaceae.
Dalam penyusunannya, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: Kedua orang tua dan teman – teman yang telah memberikan dukungan, kasih, dan kepercayaan yang begitu besar. Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi.
Meskipun penulis berharap isi dari makalah ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar makalah ini dapat lebih baik lagi. Akhir kata penulis berharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh                                   
                                                                                  Bandung, 12 Desember 2013

                                                                                                                  Tim Penyusun








Daftar Isi
Hal
Kata Pengantar .....................................................................................................     2
Daftar Isi ..............................................................................................................      3
I. Pendahuluan ................................................................................................. ...      4
I.1. Latar Belakang...............................................................................................      4
I.2. Tujuan Penulisan ...........................................................................................      5
I.3. Manfaat Penulisan .........................................................................................      5
II. Tinjauan Botani ...............................................................................................      5
II.1. Klasifikasi Tamarindus indica L . .................................. .............................      6
II.2. Ciri Morfologi Umum ..................................................................................      6
II.3. Penyebaran Tumbuhan ........................................................................... .....      7
III. Kandungan Kimia Tamarindus indica L. .......................................................     7
IV. Kegunaan Tamarindus indica L. ....................................................................     8
V. Pemanfaatan Tamarindus indica L. .................................................................     9
V.1. Bagian dari Tamarindus indica L. yang Digunakan ....... ............................      9
V.2. Simplisia dari Tamarindus indica L. dan Pembuatannya.............................       10
VI. Penutup ..................................................................................................... ....     11
Daftar Pustaka ......................................................................................................     11













I. Pendahuluan
I.1. Latar Belakang
            Dalam Al-Quran, manusia diciptakan oleh Allah SWT sebagai khalifatu fil ardl yang bertugas untuk memakmurkan bumi (QS:11;61), salah satu upaya pemakmuran bumi Allah SWT ini adalah dengan melalui aktifitas menanam, bumi akan menjadi indah, rimbun, makmur dan sejahtera.
            Indonesia merupakan Negara yang agraris yang kaya. Baik kekayaan flora maupun fauna. Kekayaan alam ini tidak disia-siakan oleh rakyat Indonesia. Dimana flora-flora tersebut banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari baik sebagai tanaman hias maupun untuk pengobatan. Mereka mulai mengadakan penyelidikan untuk mengetahui bahan-bahan alam apa saja yang mengandung khasiat obat sehingga dapat menjadi suatu obat yang dapat bermanfaat bagi kepentingan manusia, baik berupa jenis tanaman maupun hewan.
            Dewasa ini penelitian dan pengembangan tumbuhan obat baik didalam maupun diluar negeri berkembang pesat. Penelitian yang berkembang, terutama dari segi farmakologi maupun fitokimianya penelitian dilakukan berdasarkan indikasi tumbuhan obat yang telah digunakan oleh sebagian masyarakat dengan khasiat yang teruji empiris. Hasil penelitian tersebut lebih memantapkan pada tumbuhan obat yang akan khasiat maupun kegunaannya, contohnya tanaman obat penurun Kolestrol.
            Upaya pencarian tumbuhan berkhasiat obat telah lama dilakukan, baik untuk mencari senyawa baru ataupun menambah keanekaragaman senyawa yang telah ada. Pencarian tersebut dilakukan dengan berbagai pendekatan seperti cara empiris, etbotani, dan etnofarmakologi. Hasil pencarian dan penelitan tersebut kemudian dilanjutkan dengan upaya pengisolasian senyawa murni dan turunnya sebagai bahan dasar obat modern atau pembuatan ekstrak untuk obat fitofarmaka.
            Gaya hidup modern berkaitan erat dengan faktor-faktor yangmempengaruhi kolesterol dan trigliserida tinggi, seperti makanan yangmengandung lemak jenuh dan kalori tinggi yang dapat menyebabkan kegemukan, kurang mengkonsumsi serat, merokok, kurang berolah raga dan stress. Kolesterol tinggi juga dipengaruhi olah faktor genetik dan usia, kecuali kedua faktor tersebut, faktor lainnya dapat dikontrol/dikendalikan. Kolesterol dalam darah sering dianggap sebagai penyebab berbagai penyakit mematikan seperti jantung koroner dan stroke.
            Tumbuhan Tamarindus indica merupakan gudang berbagai jenis senyawa kimia,mulai dari struktur dan sifat yang sederhana sampai yang rumit dan unik. Beragam jenis dan senyawa kimia yang terkandung dalam tumbuhan ini akan berkorelasi positif dengan khasiat dan manfaat yang dimilikinya.  Khasiat dan manfaat yang dimilikinya akan berguna bagi penyembuhan suatu penyakit yang ada pada zaman sekarang. Adapun kandungan dalam Tamarindus indica berupa asam appel, asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat, pectin dan gula invert.
I.2. Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah adalah memberikan fitokimia awal terhadapkandungan senyawa kimia yang bermanfaat yang terdapat dalam tumbuhan Tamarindus indica.Data mengenai kandungan senyawa kimia yang terdapat dalam Tamarindus indica berupa asam apel, asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat, pektin dan gula invert. Data kandungan senyawa kimia yang terdapat pada tumbuhan asam jawa akan dijeaskan bersamaan dengan kegunaannya.

I.3. Manfaat Penulisan
Makalah tentang tumbuhan Tamarindus indica dapat menjadi acuan awal untuk membuat obat bahan alam yang berasal dari tumbuhan Tamarindus indica. Dari kandungan senyawa kimia yang dimiliki oleh tumbuhan dapat dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan obat untuk menunjang kesehatan tubuh manusia. Pada akhirnya kita dapat mensyukuri bahwa salah satu wujud rezeki Allah adalah ditumbuhkan-Nya beragam tumbuhan untuk kemashlahatan umat manusia.

II. Tinjauan Botani
Asam jawa yang bernama ilmiah Tamarindus indica L. adalah sebuah tanaman daerah tropis dan termasuk tumbuhan berbuah polong. Batang pohon asam yang cukup keras dapat tumbuh menjadi besar dan daunnya rindang. Pohon asam bertangkai panjang, sekitar 17 cm dan bersirip genap, dan bunganya berwarna kuning kemerah-merahan dan buah polongnya berwarna coklat dan tentu saja berasa khas asam. Biasanya didalam buah polong buah juga terdapat biji berkisar 2-5 yang berbentuk pipih dengan warna coklat agak kehitaman ( Amin, 2009).
Sejak dulu tanaman asam, khususnya asam jawa, dikenal sebagai obat tradisional, bumbu dapur, kayu bangunan, dan merupakan salah satu komoditas ekspor potensial. Tanaman asam berpotensi untuk dikembangkan secara intensif dan berpola komersial karena nilai sosial dan ekonominya cukup tinggi. Tanaman asam dapat berfungsi untuk memperindah dan melindungi pekarangan rumah, jalan-jalan didalam kota, dan jalan raya. Disamping itu pohon asam juga berfungsi sebagai bahan penghijauan dan penahan angin serta banyak digunakan untuk memperbaiki lingkungan yang gersang dan tandus (Amin, 2009).

II.1. Klasifikasi Tamarindus indica L ( Asam Jawa ).

Kingdom                    : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom
                : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi            
     : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi                          
: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas                           : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas                   
: Rosidae
Ordo                            :
Rosales
Famili                          :
Caesalpiniaceae
Genus                          : Tamarindus
Spesies                        : Tamarindus indica L
Asam jawa dihasilkan oleh pohon yang bernama ilmiah Tamarindus indica.  Spesies ini adalah satu satunya anggota marga Tamarindus. Nama lain asam jawa adalah asam (Melayu.), asem (Jw.), sampalok (Tagalog), ma-kham (Thai), dan tamarind (Inggris). Buah yang telah tua dan sangat masak biasa disebut asem kawak. Nama simplisia Asam Jawa: Tamarindi fruktus ( Doughari, 2006 ).
II.2. Ciri Morfologi Umum
Pohon asam berperawakan besar, daunnya selalu hijau dan akan gugur semuanya pada saat musim bunga tiba hanya tinggal pohon dan ranting-rantingnya setelah itu keluar bunga dan disusul tunas daun-daun muda, ketinggian pohon bisa mencapai 30 m dan diameter batang di pangkal hingga 2 m. Kulit batang berwarna coklat keabu-abuan, kasar dan memecah, beralur-alur vertikal. Tajuknya rindang dan lebat berdaun, melebar dan membulat.
Daun majemuk menyirip genap, panjang 5-13 cm, terletak berseling, dengan daun penumpu seperti pita meruncing, merah jambu keputihan. Anak daun lonjong menyempit, 8-16 pasang, masing-masing berukuran 0,5-1 × 1-3,5 cm, bertepi rata, pangkalnya miring dan membundar, ujung membundar sampai sedikit berlekuk.
Bunga tersusun dalam tandan renggang, di ketiak daun atau di ujung ranting, sampai 16 cm panjangnya. Bunga kupu-kupu dengan kelopak 4 buah dan daun mahkota 5 buah, berbau harum. Mahkota kuning keputihan dengan urat-urat merah coklat, sampai 1,5 cm.
Buah polong yang menggelembung, hampir silindris, bengkok atau lurus, berbiji sampai 10 butir, sering dengan penyempitan di antara dua biji, kulit buah (eksokarp) mengeras berwarna kecoklatan atau kelabu bersisik, dengan urat-urat yang mengeras dan liat serupa benang. Daging buah (mesokarp) putih kehijauan ketika muda, menjadi merah kecoklatan sampai kehitaman ketika sangat masak, asam manis dan melengket. Biji coklat kehitaman, mengkilap dan keras, agak persegi ( Doughari, 2006).
II.3. Penyebaran Tumbuhan
Asam jawa termasuk tumbuhan tropis. Asal-usulnya diperkirakan dari savana benua Afrika timur di mana jenis liarnya ditemukan, salah satunya di Sudan. Semenjak ribuan tahun, tanaman ini telah tersebar sampai ke benua Asia tropis, dan kemudian juga tersebar ke Karibia dan Amerika Latin. Di banyak tempat yang iklim dan tanah yang sesuai akan tumbuh subur, termasuk di Indonesia, tanaman ini banyak tumbuh liar seperti di hutan-hutan luruh daun dan savana.
Pohon asam dapat tumbuh baik hingga ketinggian sekitar 1.000 m dpl, pada tanah berpasir atau tanah liat, khususnya di wilayah yang musim keringnya jelas dan cukup panjang ( Doughtari, 2006 ).
III. Kandungan Kimia
             Daging buah asam jawa mengandung 8-14% asam tartarat, 30-40% gula,serta sejumlah kecil asam sitrat dan kalium bitaetrat sehingga berasa sangat masam. Warna asli daging asam adalah kuning kecoklat-coklatan. Akibat pengaruh pengolahan, warnanya berubah menjadi kehitam-hitaman. Pulp buah asam yang masak mengandung air sekitar 63,3-68,6%, bahan padat total 31,3-36,6%, protein 1,6-3,1%, lemak 0,27-0,69%, sukrosa 0,1-0,8%, selulosa 2,0-3,4%, dan abu 1,2-1,6%. Abu dari tanaman asam tersusun atas kalium, silikon, natrium, fosfor, dan kalsium. Asam tartarat merupakan komponen asam yang paling utama dalam pulp. Kandungan asam dalam pulp asam berkisar antara 8-16%, sedangkan asam lainnya total hanya sekitar 3% dari berat pulp ( Heyne, 1987).
Tabel 1. Komposisi kimia asam jawa dalam 100 gram bahan
Komponen
Jumlah

Kalori (kal)
239,00
Protein (g)
2,80
Lemak (g)
0,60
Karbohidrat (g)
62,50
Kalsium ( mg)
74
Zat besi (mg)
0,60
Vitamin A ( SI )
30
Vitamin B ( mg )
0,34
Vitamin C (mg)
2,00
Air ( g)
31,40
Fosfor ( mg )
113,00
Bagian dapat dimakan ( %)
48,00

Sumber : Departemen Kesehatan R.I., 1996.

IV. Kegunaan Tamarindus indica L
            Dari kandungan senyawa kimia yang dimiliki oleh Tamarindus indica L memiliki berbagai kegunaan untuk tubuh manusia. Adapun kegunaannya adalah sebagai berikut :
1.      Asam tartrat, asam malat, asam sitrat, asam suksinat, asam asetat: memperlancar BAB, memperlancar peredaran darah, mendinginkan.
2.      Pektin: menurunkan kolestrol melalui mekanisme pengikatan kolestrol dan asam empedu kemudian mendorong dan mengeluarkannya dari saluran pencernaan.
3.      Flavonoid: memperlancar BAB, penghilang rasa sakit, antiradang, dan membantu pengeluaran keringat.
4.      Tanin: antiseptik.
5.      Pro vitamin A: merupakan antioksidan yang menjaga kesehatan dan menghambat proses penuaan, dan juga dapat mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker serta melindungi asam lemak tidak jenuhganda dari proses oksidasi.Dan jika tubuh perlu vitamin A maka pro vitamin A/beta karoten di hati akan diubah menjadi vitamin A.
6.      Vitamin C: dibutuhkan untuk pembuatan kolagen (protein berserat yang membentuk jaringan ikat pada tulang), pengangkut lemak, pengangkut elektron dari berbagai reaksi enzimatik, pemicu gusi yang sehat, pengatur tingkat kolestrol, pemicu sistem kekebalan tubuh. Vit.C untuk anti oksidan, membantu mencegah berbagai macam jenis  kanker : kanker paru, kolon, kandung kemih, pancreas, payudara, juga mengurangi radikal bebas pemicu kanker. Vit.C dapat mengurangi resiko katarak, memperkuat dinding kapiler darah, mengurangi resiko penyakit jantung, menghambat penuaan, memperbaharui sel darah putih. Vit.C sangat sensual untuk membentuk sperma, kekurangan vitamin C pada pria dapat menghambat dalam memperoleh keturunan, perbaikan membutuhkan waktu satu bulan dengan meningkatkan vitamin C sebanyak 500 mg, kualitas dan kuantitas sperma serta aktifitasnya dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi vitamin C. Vit.C dapat mengurangi resiko pada perokok pasif. Resiko perokok pasif adalah kerusakan sel yang bisa menyebabkan kanker atau penyakit pernafasan lain.
7.      Kalsium: mengisi kepadatan tulang, pembentukan gigi, membantu bekuan darah, transmisi saraf, stabilitas asam-basa (pH) darah, dan mempertahankan keseimbangan air.
8.      Kalium/potasium: memelihara keseimbangan cairan dan elektrolit serta keseimbangan asam basa di dalam tubuh, juga berperan dalam transmisi saraf dan relaksasi otot serta sebagai katalisator dalam banyak reaksi bilogik, terutama dalam metabolisme energi, sintetis glikogen, dan protein.
9.      Antioksidan :  Selain kandungan vitamin C dari asam jawa, terdapat antioksidan dalam bentuk lain yang bermanfaat bagi tubuh manusia yaitu Fenol. Fenol merupakan antioksidan alami yang lazim ditemui dalam buah-buahan dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Menurut Healthy Eating for Your Heart, fenol membantu melindungi tubuh dari oksidasi radikal bebas dan membantu kesehatan dinding arteri. Penelitian dalam “Journal of Nutrition Malaysia” mencatat bahwa kadar fenol dari asam paling terkonsentrasi bila dipanaskan hingga titik didih ( Heyne, 1987 ).
V. Pemanfaatan Tamarindus indica L
            Hampir semua bagian tanaman asam jawa dapat digunakan untuk berbagai keperluan sehingga tanaman ini disebut tanaman multiguna. Daun asam digunakan sebagai bumbu masakan, bahan obat, dan kosmetika. Bunga tanaman asam merupakan sumber madu yang penting bagi pengembangan budi daya lebah madu. Daging buah asam dimanfaatkan sebagaai bumbu masakan dan campuran obat tradisional. Buah asam banyak digunakan dalam industri minuman, es krim, selai, manisan atau gula-gula, sirup dan obat tradisional (jamu) (Doughtari, 2006).
           
V.1. Bagian Tamarindus indica L yang Digunakan
Daging buah asam jawa sangat populer, dan digunakan dalam aneka bahan masakan atau bumbu di berbagai belahan dunia. Buah yang muda sangat masam rasanya, dan biasa digunakan sebagai bumbu sayur asam atau campuran rujak. Buah yang telah masak dapat disimpan lama setelah dikupas dan sedikit dikeringkan dengan bantuan sinar matahari. Asem kawak --demikian ia biasa disebut-- inilah yang biasa diperdagangkan antar pulau dan antar negara. Selain sebagai bumbu, untuk memberikan rasa asam atau untuk menghilangkan bau amis ikan, asem kawak biasa digunakan sebagai bahan sirup, selai, gula-gula, dan jamu.
Biji asam biasa dimakan setelah direndam dan direbus, atau setelah dipanggang. Selain itu, biji asam juga dijadikan tepung untuk membuat kue atau roti.
Di samping daging buah, banyak bagian pohon asam yang dapat dijadikan bahan obat tradisional. Daun mudanya (Jw. sinom) digunakan dengan kunyit dan bahan ramuan lain untuk membuat jamu jawa tradisional yaitu jamu sinom untuk minuman kesegaran, jamu gepyok diminum untuk melancarkan dan memperbanyak air susu ibu dan juga bisa digunakan sebagai tapal (dioleskan dipermukaan kulit atau ditempelkan dipermukaan kulit) untuk mengurangi radang dan rasa sakit di persendian, di atas luka atau pada sakit rematik. Daun muda yang direbus untuk mengobati batuk dan demam. Kulit kayunya yang ditumbuk digunakan untuk menyembuhkan luka, borok,bisul dan ruam. Kulit kayu asam juga digunakan sebagai obat kuat. Tepung bijinya untuk mengobati disentri dandiare.
Kayu teras asam jawa berwarna coklat kemerahan, berat, keras dan bertekstur halus, sehingga kerap digunakan untuk membuat mebel, kerajinan, ukir-ukiran dan patung. Bagi anak-anak di Jawa Tengah, kayu asam merupakan kayu pilihan untuk membuat gasing. Biji asam juga kerap digunakan dalam permainan congklak atau dakon ( Doughtary, 2006 ).    
V.2. Simplisia dari Tamarindus indica L dan Pembuatannya
            Bagian tumbuhan asam jawa (Tamarindus indica L) yang dijadikan sebagai simplisia adalah daging buah asam jawa. Adapun cara pembuatan simplisia tumbuhan asam jawa adalaha sebgai berikut :
-        Asam jawa dipetik dengan tangan, dilakukan pemisahan dengan kotoran.
-        Dipotong/dirajang kecil-kecil
-        Di angin-anginkan/di jemur dibawah sinar matahari
-        Kadar air  ≤ 8 %
-         Bahan yang sudah kering disortasi kering
-         Pengepakan dan penyimpanan agar tidak terkontaminasi dengan lingkungan sekitar.
-        Pemeriksaan mutu simplisia dilakukan   agar kadungan senyawa kimia tidak rusak ( Harbone , 1987)
VI. Penutup
            Asam jawa (Tamarindus indica Linn) adalah salah satu tanaman yang banyak manfaatnya untuk kesehatan manusia. Buah asam muda jawa adalah mengandung senyawa kimia antara lain asam appel, asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat, pectin dan gula invert. Buah asam jawa yang masak di pohon diantaranya mengandung nilai kalori sebesar 239 kal per 100 gram, protein 2,8 gram per 100 gram, lemak 0,6 gram per 100 gram, hidrat arang 62,5 gram per 100 gram, kalsium 74 miligram per 100 gram, fosfor 113 miligram per 100 gram, zat besi 0,6 miligram per 100 gram, vitamin A 30 SI per 100 gram, vitamin B1 0,34 miligram. Bagian tumbuhan asam jawa yang dijadikan sebagai simplisia adalah kulit buah.

VII.Daftar Pustaka
1.      Amin, Asni. 2009. Obat Asli Indonesia. Makassar :  Universitas Muslim Indonesia Press.
2.      Doughari JH. 2006. Antimicrobial activity of Tamarindus indica Linn. Surabaya: Grafrika.
3.      Harborne JB. 1987. Metode Fitokimia . Penuntun Cara Modern Menganalisis Tumbuhan. Terjemahan K. Padamawinata & I.Soediro. Bandung: ITB.
4.      Heyne K. 1987. Tumbuhan Berguna Indonesia Jilid ke-3. Jakarta: Yayasan Sarana Warna Jaya.

                                                                                                                            



9 komentar:

  1. salam kenal. minta ijin utk copas makalahnya mbak, buat studi ttg asam jawa. saya pembuat jamu tradisional di jogja & saat ini sedang mencoba membuat minuman dari fermentasi asam jawa. kalo boleh tanya, apakah asam jawa yang difermentasi lebih dari 1bulan mengandung alkohol? karena saat saya buka, ada tekanan gas yg tiba" keluar dr botol. trims utk sharing ilmunya.salam sukses

    BalasHapus
  2. Kak kalau asam Jawa masa dormansi nya brp bulan

    BalasHapus
  3. Saya akan sangat mengesyorkan perkhidmatan pembiayaan meridian Le_ kepada sesiapa yang memerlukan bantuan kewangan dan mereka akan membuat anda berada di atas direktori tinggi untuk sebarang keperluan selanjutnya. Sekali lagi saya memuji diri anda dan kakitangan anda untuk perkhidmatan dan perkhidmatan pelanggan yang luar biasa, kerana ini merupakan aset yang hebat untuk syarikat anda dan pengalaman yang menyenangkan kepada pelanggan seperti saya sendiri. Mengharapkan anda semua yang terbaik untuk masa depan. Perkhidmatan pembiayaan meridian adalah cara terbaik untuk mendapatkan pinjaman mudah, di sini ada email..lfdsloans @ lemeridianfds.com Atau bercakap dengan Encik Benjamin Pada WhatsApp Via_ 1-989-394-3740 Terima Kasih untuk membantu saya dengan pinjaman sekali lagi dengan sepenuh hati saya bersyukur selama-lamanya.

    BalasHapus
  4. Salam semuanya !!


    Saya hanya memiliki kesaksian singkat untuk dibagikan kepada Anda semua.

    Nama saya Endang Shut dari Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya mengalami kesulitan keuangan, dan dalam keputus-asaan, saya ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. REBACCA ALMA yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp.950.000.000 Sembilan Ratus lima puluh Juta dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau kesulitan, Semuanya berjalan dengan baik dan lancar dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan atau ketidaknyamanan. Karena saya berjanji kepadanya bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman yang dapat diandalkan dalam bentuk apa pun, silakan hubungi dia melalui email langsungnya: rebaccaalmaloancompany@gmail.com


    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email endangshut2@gmail.com saya.

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan yang merupakan pembayaran cicilan bulanan. Saya berharap Anda juga menghubungi REBECCA ALMA LOAN COMPANY. Tuhan memberkati kalian semua

    BalasHapus
  5. PENAWARAN PINJAMAN YANG MENDAFTAR Berlaku sekarang.


    Pencari Pinjaman yang Terhormat,


    Salam dari PERUSAHAAN PINJAMAN REBACCA.


    Kami adalah Pemberi Pinjaman pinjaman bersertifikat yang menawarkan pinjaman kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman. Kami memberikan pinjaman untuk proyek, bisnis, pajak, Hutang, tagihan, dan banyak alasan lainnya. Kami beroperasi dengan tingkat bunga 2%. Masih ada banyak keuntungan dengan mendapatkan pinjaman dari perusahaan ini, jadi Apakah Anda memerlukan pinjaman? Apakah Anda berhutang? Apakah Anda ingin memulai bisnis dan membutuhkan modal? Apakah Anda memerlukan pinjaman atau dana untuk alasan apa pun? Bantuan Anda akhirnya ada di sini, karena kami memberikan pinjaman kepada semua orang dengan tingkat bunga yang lebih murah dan terjangkau hanya 2%, jika tertarik silakan hubungi kami hari ini di: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com) dan dapatkan pinjaman Anda hari ini.


    kami memberikan yang berikut;

    *Perbaikan rumah

    * Pinjaman Inventor

    * Kredit Mobil

    * Pinjaman Konsolidasi Utang

    * Jalur Kredit

    * Pinjaman Kedua

    * Pinjaman Bisnis

    *Pinjaman pribadi

    * Pinjaman Internasional.


    Kami bersertifikat, dapat dipercaya, dapat diandalkan, efisien, Cepat dan dinamis. Jika Anda tertarik, silakan hubungi kami melalui WhatsApp Number +14052595662


    Semoga berhasil,

    PERUSAHAAN PINJAMAN REBACCA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam ..... Harap Anda semua harus membaca apa yang saya katakan ....
      Biarkan saya perkenalkan dulu diri saya, Nama saya Adhityas Kripsiani, saya berasal dari kota Bandung, saya bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan di Yogyakarta.

      Keinginan saya dan impian tertinggi saya adalah ingin memiliki bisnis atau toko sendiri, tetapi jika Anda hanya mengandalkan gaji Anda, mungkin butuh waktu yang sangat lama di mana biaya sewa dan anak-anak yang telah terakumulasi hanya akan lebih sulit dan jeritan panjang tidak akan terwujud
      Saya mencoba "membuka internet dan saya melihat tulisan orang-orang sukses yang dibantu oleh seorang ulama dari sana saya mencoba untuk menghubunginya, pada awalnya saya terus mengirim sms sampai saya mendapat balasan dari perusahaan yang merupakan awal kesuksesan saya. Jika Anda ingintoget cara mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT MEMBAYAR HUTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI LAINNYA, TANPA KEBUTUHAN RITUAL, CEPAT DLL. melalui bantuan dalam menarik lebih banyak dana oleh ulama di kepala sekolah asrama shohibul Qur'an, dan akhirnya saya mencoba menghubungi Perusahaan Pinjaman Rebacca Alma dengan kompensasi yang sama untuk impian saya dan untuk membayar utang, terima kasih Tuhan kepada Tuhan yang maha kuasa melalui bantuannya. Sekarang saya membuka usaha distribusi di Bandung.
      Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada Irlina Tuty Sartika untuk merujuk saya ke perusahaan pinjaman tempat saya mencapai impian saya sekarang.
      Hubungi ibu yang baik REBACCA ALMA LOAN COMPANY melalui emailnya rebaccaalmaloancompany@gmail.com. Silakan untuk penjelasan lebih rinci. Anda juga dapat menghubunginya melalui Whatsapp +14052595662
      Anda mungkin ingin mengajukan pertanyaan, hubungi saya melalui email saya adhityaskripsiani@gmail.com.

      Anda juga dapat menghubungi wanita yang merujuk saya ke perusahaan pinjaman yang sah ini Mrs. irlinatutysartika15@gmail.com
      Anda tidak perlu ragu atau tertipu dan dikejar-kejar oleh hutang lagi, sekarang saya membagikan pengalaman yang saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  6. Dalam membuat simpliasa bagian mana yg di gunakan dari asam jawa

    BalasHapus